Kamis, 02 Oktober 2014

Perbedaan Bit dan Byte

Selamat berjumpa lagi dengan saya. Dalam pertemuan kali ini saya akan membahas tentang perbedaan antara bit dan byte. Mirip bukan? apalagi untuk masyarakat umum yang pada dasarnya tidak terlalu mengerti apa perbedaannya. Bahkan sering kali orang mengucapkan dengan cara yang sama, padahal kedua kata-kata tersebut jelaslah berbeda. Dengan merangkum dari beberapa sumber, saya akan menerangkannya. Mari simak dengan seksama ya!

Bit biasanya berhubungan dengan jumlah digit pada sistem biner. Contohnya 101101 dalam sistem biner dikatakan memiliki 6 bit. Bit ini sebenarnya adalah singkatan dari binary digit yang kemudian  disimbolkan dengan "b" .Bit ini biasa digunakan sebagai satuan ukuran dari kapasitas informasi sebuah digit biner. Karena bit adalah satuan biner, maka bit hanya mempunyai dua keadaaan, yaitu on atau off.

Sedangkan Byte adalah kumpulan dari delapan bit. Byte ini juga biasa di sebut octet karena terdiri dari 8 bit. Byte biasa disimbulkan daengan "B".

Jadi byte sudah pasti bit, namun bit belum pasti byte. hal ini karena cakupan byte lebih luas dari pada bit. Berikut ini akan saya sajikan konversi antara bit dan byte.
Konversi bit dan byte
Kelipatan Byte
















Demikian adalah pembahasan bit dan byte dalam pertemuan kita kali ini. semoga bermanfaat.  ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar