Kamis, 27 November 2014

Modulasi

Assalamu'alaikum..
Terimakasih telah membuka blog saya. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang modulasi. Pasti banyak diantara kita yang telah tahu informasi tentang modulasi. Tapi mengkin banyak juga diantara kita yang sedikit tahu atau bahkan tidak tahu sama sekali tentang modulasi. Contah yang tidak tahu seperti anak bayi yang baru lahir kemarin, anak TK, dan beberapa para lansia yang berada di panti jompo. Benar bukan? Haha. Mereka yang tahu tentang modulasi pastinya adalah mereka yang memang mempelajari ilmunya. Maka dari itu, yuk kita berbai ilmu. Dari yang tidak tahu menjadi tahu, seperti anak TK yang kita ajari nantinya, hehe, dan dari mereka yang tahu menjadi lebih tahu dan menambah perpustakaan ilmu di otaknya.

Sebelum kita mulai lebih jauh, alangkah baiknya kita mengenal pengertian modulasi terlebih dahulu. seperti pepatah lama yang mengatakan bahwa kalau tak kenal maka tak sayang, maka dari itu kita harus lebih dulu mengenal modulasi agar kita bisa menyayanginya. :D

Modulasi adalah sebuah perubahan suatu gelombang periodek sehingga menjadi sinyal yang dapat membawa informasi. Agar sebuah sinyal informasi dapat disalurkan, maka sinyal tersebut harus ditumpangkan pada sinyal yang lain. Contohnya sinyal suara yang harus ditumpangkan pada sinyal  radio pada konteks radio siaran.

Setelah kita mengenal pengertiannya, maka kita juga harus mengetahui fungsinya. Ada beberapa fungsi modulasi, diantaranya :
  1. Menghilangkan noise pada sinyal.
  2. Transmisinya menjadi mudah dan efesien.
  3. Perangkatnya menjadi lebih sederhana.
  4. Multiplexing (proses penggabungan beberapa sinyal informasi untuk disalurkan secara bersama-sama melalui satu kanal transmisi). 
  5. memudahkan pengaturan alokasi frekuensi radio.
Peralatan yang digunakan untuk proses modulasi disebut modulator, sedangkan peralatan yang digunakan untuk memperoleh informasi disebut demodulator. Prosesnya dapat dijelaskan pada skema berikut ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar