Kamis, 27 November 2014

G Technology

Halo... 
Selamat datang kembali di blog saya, blog edukasi yang insyaAllah dapat bermanfaat bagi kita semua. hehe.. Kali ini saya akan membahas tentang G teknologi. 

Ada yang sudah tau tentang G teknologi?  Pastilah sudah tahu. apa lagi sekarang kita tinggal di era modern yang menuntut kita untuk bisa mengikuti perkembangan zaman, terutama teknologi. Mungkin untuk zaman sekarang ini hanya orang-orang tua yang terlahir pada zaman penjajahanlah yang patut untuk mengetahui apa itu 3 teknologi.

Istilah G yang dipakai pada G technology merujuk pada generasi dimana teknologi ini berkembang. teknologi ini lebih di khususkan pada wireless yaitu telephon genggam. Istilah G merupakan standar lahiran dari ITU (International Tellecomunication Union), yang mana dari masa ke masa, teknologi ini berkembang semakin canggih. Sekarang kita memasuki masa 4G. Hal itu berarti kita telah melewati masa 1G, 2G, dan mulai meningalkan 3G.  Lalu, seperti apakah 1G, 2G, 3G, serta 4G itu? Apakah kita sebenarnya tahu, hanya saja kita tidak sadar? mari kita simak bersama-sama pemaparan yang saya ketahui.

  • 1G
1G adalah generasi pertama yang ditemukan pada tahun 1980 ketika AMPS di Amerika bekerja dengan TACS dan NMT di Eropa untuk membuat terobosan teknologi baru. karena ini merupakan proyek pertama dalam perkembangan teknologi komunikasi, maka mereka mengerjakan semuanya dengan sangat serius hingga mereka bisa menjadi yang terbesar di dunia. Namun Teknologi 1G ini masih menggunakan analog. berikut adalah contoh dari teknologi 1G.

teknologi 1G

  • 2G
Sekitar tahun 90-an hadir teknologi ponsel generasi kedua atau 2G. teknologi ini telah mempunahkan teknologi 1G yang menggunakan analog. 2G telah menggunakan teknologi digital yang memiliki kelebihan seperti suara yang lebih jernih, keamanan yang lebih terjaga dan kapasitas yang lebih besar.

Cara kerjanya dengan  menggunakan teknologi TDMA (Time Division Multiple Access), yaitu membagi alokasi frekuensi radio berdasarkan satuan waktu. Teknologi ini dapat melakukan tiga sesi penelponan sekaligus dengan cara melakukan pengulangan pada irisan-irisan satuan waktu dalam satu channel radio.Teknologi ini juga memungkinkan pemilik untuk mengirimkan sms sehingga tidak diperlukan pager lagi untuk mengirim pesan.

Fitur yang juga dimiliki generasi 2G adalah CSD yang memungkinkan transfer data lebih cepat dengan kecepatan sekitar 14.4 kbps.  Akan tetapi Fitur ini membuat Tagihan bualanan membengkak karena jika ingin terhubung ke internet harus menggunakan dialup yang dihitung permenit.

GPRS (The General Packet Radio Service) – 2.5G – adalah terobosan terbaru di generasi ini. fitur ini dengan sigap cepat menggantikan CSD yang boros karena terhitung per kb bukan menit. Fitur ini menawarkan kecepatan 115 kbps. 

Setelah itu muncullah EDGE (Enhanced Data for Global Evolution), teknologi perkembangan dari GSM, rata-rata memiliki kecepatan 3kali dari kecepatan GPRS. Kecepatan akses EDGE secara teori sekitar 384kbps. Fasilitas yang disediakan EDGE sama seperti GPRS. Beberapa sumber menyebutkan bahwa EDGE ini termasuk ke dalam 2.75 G, sehingga ia adalah peralihan dari 2G ke 3G.
contoh hp 2G
 
  • 3G
 UMTS (Universal Mobile Telecommunication Service) adalah perkembangan lebih lanjut dari EDGE. UMTS sering disebut generasi ke tiga (3G). Selain menyediakan fasilitas akses internet (e-mail, mms, dan browsing), UMTS juga menyediakan fasilitas video streaming, video conference, dan video calling). Secara teori kecepatan akses UMTS sekitar 480kbps.  
 
HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) merupakan perkembangan akses data selanjutnya dari 3G. HSDPA sering disebut dengan generasi 3.5 (3.5G) karena HSDPA masih berjalan pada platform 3G. Secara teori kecepatan akses data HSDPA sama seperti 480kbps, tapi pastinya HSDPA lebih cepat.
 
Setelah beberapa tahun, CDMA 2000 mengupgrade teknologi jaringan evdo mereka. menjadi EVDO rev A. teknologi ini memiliki kecepatan 10 kali lebih cepat dari evdo rev 0. Juga UMTS yang menguprade teknologi mereka ke HSDPA dan HSUPA. inilah yang dinamakan 3.5G.
 
  • 4G
teknologi 4G merupakan perkembangan selanjutnya dari teknologi komunikasi. 4G merupakan singkatan dari fourth generation technology, yang dalam IEEE disebut sebagai 3G and beyond. Kecepatan yang ditawarkan oleh teknologi ini adalah 1Gbps jika berada di rumah dan 100Mbps jika sedang bepergian. Bisa dibayangken betapa cepatnya jika access dilakukan dengan teknologi 4G. teknologi ini yang nantinya akan menjadi solusi untuk internet di pedesaan yang saat ini masih dikatakan susah. Selain itu sistem 4G akan dapat menyediakan solusi IP yang komprehensif dimana suara, data, dan arus multimedia dapat sampai kepada pengguna kapan saja dan dimana saja, pada rata-rata data lebih tinggi dari generasi sebelumnya. 
 
Teknologi 4G ini akan menyuguhkan segala pelayanan yang memuaskan dengan harga yang terjangkau. Setiap handset 4G akan langsung mempunyai nomor IP v6 dilengkapi dengan kemampuan untuk berinteraksi internet telephon yang berbasis Session Initiation Protocol (SIP).
 
 
 
 
 Itulah ilmu yang dapat saya bagikan tentang teknologi. Menyenangkan bukan? yok kita belajar terus soal teknologinya, biar kita gak jadi orang kudet :D Semangat mengejar ilmu!    


 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar