Kamis, 27 November 2014

GSM

Assalamualaikum...
Maaf lama gak ada kabar disini. Pasti udah pada kangen sama tulisan saya,ya.. haha
oke oke, saya tahu kok tanpa kalian bilang langsung :D
Yuk, kita lanjutkan kembali belajarnya lewat blog edukasiku. Sekarang aku mau bahas tentang GSM ,nih. Ada yang udah ngerti apa itu GSM ?
Pasti ada lah,ya. Tapi, buat yang belum tahu, nanti saya beri tahu. Tapi buat yang udah tahu jangan sombong ya. Tetep kita harus belajar bersama-sama,ya. Mari kita mulai belajarnya.

Global System for Mobile Communication atau orang biasa menyebutnya GSM adalah salah satu teknologi telekomunikasi seluler nirkabel yang bersifat digital. GSM banyak diterapkan pada komunikasi bergerak khususnya telepon genggam. Lebih dari satu milyar orang didunia ini menggunakan GSM.

GSM memanfaatkan gelombang mikro dan  pengirimannya dibagi berdasarkan waktu agar informasi dapat sampai ketujuan. GSM menggunakan frekuensi 900 MHz dengan uplink 890-915 Mhz dan downlink 935-960 Mhz. Sedangkan Bandwith yang digunakan adalah 25Mhz. tekonologi GSM berbeda dari teknologi sebelumnya dlam hal pembicaraan dan pensinyalan adalah digital. hal ini berarti GSM merupakan telepon genggam generasi kedua (2G).

Secara umum, elemen network dalam GSM terdiri dari empat bagian, yaitu MS (Mobile Station), BSS (Base Station Sub-System), NSS (Network Sub System), OSS (Operation and Sub system). MS terdiri dari ME (Mobile Equipment) dan SIM (Subscriber Identity Module). BBS terdiri dari BTS (Base Transceiver Station)  dan BSC (Base Station Controller). NSS terdiri dari MSC (Mobile Switching Center), HLR(Home Location Register), VLR(Visitor Location Register), Auc (Authentication Center),dan EIR (Equipment Identity Register). Sedangkan OSS terdiri dari sub sistem jaringan GSM yang berfungsi sebagai pusat pengendalian, diantaranya fault management, configuration management, performance management, dan inventory management.

Baiklah untuk lebih memahami elemen-elemen tersebut, perhatikanlah gambar ini.
Gambaran Kerja Elemen Network

Setelah kita mengenal apa itu GSM, alangkah baiknya kita juga mengetahui kelebihan-kelebihannya. mari kita simak apa itu kelebihanya. :)

Dilihat dari sisi konsumen, kelebihan GSM dapat ditinjau dari keuntungan kunci dari sistemnya, yaitu kualitas suara digital yang relatif tinggi dan alternatif biaya rendah untuk menelpon dan sms. sedangkan apabila ditinjau dari sisi operatornya adalah kemampuannya menerapkan peralatan dari “vendor” yang berbeda karena standar terbuka membuat inter-operasi menjadi mudah.

Baiklah, demikian ilmu yang dapat Nadiya bagi tentang GSM yang merupakan teknologi 2G. Apabila kalian ingin tahu teknologi 3G dan 4G, jangan lupa kunjungi lagi blognya nadiya ya :)
see you next time, have a nice day and wassalamualaikum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar