Selasa, 23 September 2014

Komunikasi

  1.  Pengertian Komunikasi
Komunikasi atau communicaton berasal dari bahasa Latin communis yang berarti 'sama'.  Secara sederhana komunikasi dapat terjadi apabila ada kesamaan antara penyampaian pesan dan orang yang menerima pesan.Jadi komunikasi adalah suatu proses penyaluran informasi dari satu titik tempat  ke titik tempat yang lain dengan syarat harus ada sumber (source) dan ada penerimanya (Receiver). 
2.Komponen komunikasi
Komponen komunikasi adalah hal-hal yang harus ada dalam proses komunikasi. Komponen komunikasi menurut Laswell  adalah:
  • Pengirim atau komunikator (sender) adalah pihak yang mengirimkan pesan kepada pihak lain.
  • Pesan (message) adalah isi atau maksud yang akan disampaikan oleh satu pihak kepada pihak lain.
  • Saluran (channel) adalah media dimana pesan disampaikan kepada komunikan. 
  • Penerima atau komunikate (receiver) adalah pihak yang menerima pesan dari pihak lain
  • Umpan balik (feedback) adalah tanggapan dari penerimaan pesan atas isi pesan yang disampaikannya.
  • Aturan yang disepakati para pelaku komunikasi tentang bagaimana komunikasi itu akan dijalankan ("Protokol").

 3. Proses Komunikasi 
Secara singkat, proses berlangsungnya komunikasi dapat dilihat dari gambar diatas dengan penjelasan sebagai berikut.

  • Komunikator (sender) berfungsi sebagai terminal awal sebuah informasi berasal.
  • Pesan (massage) adalah sebuah informasi yang berasal dari komunikator yang kemudian harus di salurkan kepada komunikan. informasi ini dapat berupa data, gambar, ataupun suara.
  • Komunikan (receiver) berfungsi sebagai terminal penerima informasi dari komunikator. kemudian komunikan dapat melakukan feedback kepada komunikan. proses ini dapat berlangsung terus menerus tanpa bisa di hentikan.
4. Macam Komunikasi Jauh
Dalam kaitannya dengan telekomunikasi, komunikasi jarak jauh dapat di bedakan menjadi tiga, yaitu simplex, half duplex, dan full duplex.
  • Simplex
Simplex adalah salah satu komunikasi antara dua belah pihak, dimana sinyal-sinyal dikirim secara satu arah. Dalam komunikasi simplex, pengirim dan penerima informasi tidak dapat melakukan komunikasi secara berkesinambungan melalui media yang sama.Komunikasi simplex juga tidak digunakan dalam komunikasi jaringan, hal ini karena node-node dalam jaringan umumnya membutuhkan komunikasi secara dua arah. Memang beberapa komunikasi jaringan seperti video streaming terlihat seperti komunikasi satu arah. Namun sebenarnya tidak, karena komunikasi ini terjadi secara dua arah. apalagi kalau protokol TCP yang di gunakan sebagai protokol lapisan transportnya.

Beberapa contoh komunikasi secara simplex adalah radio, televisi, dan pager. untuk televisi dan radio, kita tentu telah familiar dan mengerti benar kenapa alat-alat komunikasi tersebut termasuk ke dalam alat komunikasi simplex. televisi dan radio hnaya dapat menyiarkan informasi dari sumber kepada penerima tanpa ada feedback yang dapat terjadi. sedangan untuk pager, mungkin banyak orang zaman sekarang yang tidak mengetahuinya. atau bahkan mereka belum pernah mendengar ataupun membacanya sebelum membaca blog ini.

pager
Radio panggil yang lebih di kenal dengan pager adalah alat telekomunikasi peribadi untuk menyampaikan dan menerima pesan pendek.Radio panggil numerik satu arah hanya dapat menerima pesan yang terdiri dari beberapa digit saja. di dalam pager tersedia deretan annga dan kode-kode yang di gunakan untuk memanggil saja.




  • Half Duplex
Half Duplex adalah sebuah mode komunikasi dimana data dapat di transmisikan atau di terima secara dua arah tapi tidak dapat secara bersama-sama. contoh sederhana dari half duplex adalah walkie-talkie dimana kedua penggunanya harus menekan tombol untuk berbicara dan melepaskannya untuk mendengarkan. Ketika kedua orang menggunakan alat ini untuk berkomunikasi pada siuatu waktu tertentu, hanya salah satu diantara mereka yang dapat berbicara, sementara pihak lainmendengarkan. Apabila dalam suatu waktu keduanya berbicara secara bersamaan, maka akan terjad tabrakan. Akibatnya kedua belah pihak yang melakukan komunikasi tersebut tidak dapat mendengar apapun yang mereka kirimkan.
  • Full Duplex
Dalam sistem komunikasi ini dua belah pihak dapat menerima dan mengirim informasi dalam waktu yang bersamaan. Umumnya komunikasi ini membutuhkan dua jalur komunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar